Minggu, 13 April 2014

UN di Sulawesi Barat

Sebanyak 5.081 siswa SMA/SMK dan sederajat di Kabupaten Luwu akan mengikuti ujian nasional (UN) hari ini, Senin (14/4). Rinciannya SMA 3.411 siswa, SMK 1.341 dan MA 429 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Luwu Andi Pahri mengklaim, pendistribusian soal UN di daerah ini tidak ada masalah. Ia meyakini seluruh naskah UN tiba di setiap wilayah kecamatan tepat waktu, dan tidak menghambat pelaksanaan ujian.

''Mereka para siswa sudah siap mental. Beberapa tahapan UN mereka sudah lalui. Termasuk sejumlah tahapan try out siswa SMA. Kita berharap kelulusan siswa SMA dan sederajat mencapai 100 persen,'' kata Andi Pahri melalui telepon selularnya, Minggu (13/4) .

Sementara Sekkab Luwu Syaiful Alam menjelaskan, pelaksanaan UN tidak lepas dari perhatian pemerintah kabupaten. ''Saya berharap anak-anak kita yang akan melaksanakan UN melakukan persiapan matang. Hal ini sangat penting agar prestasi UN kita tahun lalu yang mengantarkan anak didik kita lulus seratus persen, bisa terwujud. Karena itu semua pihak harus membantu anak-anak kita," ujarnya, kemarin.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan (Dikmenjur) Disdikpora Luwu Muh Yusuf menjelaskan, pelaksanaan UN tingkat SMA, SMK dan MA berlangsung 14-16 April. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan 5 Mei.

''Khusus untuk UN program Paket B dilaksanakan 5 Mei pukul 13.30 Wita. Untuk siswa paket C akan dilaksanakan 14 April siang,'' jelasnya.

Pelaksanaan UN yang akan menjadi salah satu indikator kelulusan siswa ini akan melibatkan 1.238 guru yang akan bertugas sebagai pengawas ruangan, dan akan dilaksanakan di 170 sekolah dengan memanfaatkan 619 ruangan. "Setiap ruang ujian akan diawasi dua orang guru dari sekolah yang berbeda, baik SMP maupun SMA," kata Yusuf

Terkait dengan pengamanan pelaksanaan UN, Kapolres Luwu AKBP Alan G Abast melalui Kabag Ops Polres Luwu Kompol Palatui Kasim menyatakan siap mengamankan pelaksanaan ujian.

''Kita menurunkan personel polres dibantu jajaran polsek guna mengawal dan mengamankan tahapan UN tahun ini. Polisi telah melakukan pengawalan, mulai dari penjemputan soal UN hingga pendistribusian ke sekolah penyelenggara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar