Minggu, 27 Januari 2013

BSB Bantaeng Punya Kapal Patroli

BULUKUMBA, Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan laut, Brigade Siaga Bencana (BSB) Bantaeng kini dilengkapi kapal patroli berkecepatan tinggi. Kapal bermesin ganda yang dilengkapi radio komunikasi dan peralatan selam tersebut merupakan bantuan Kementerian Kelautan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 750 juta.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantaeng Ir Nongpa, menjelaskan, uji coba kapal berkekuatan jelajah 5 knot tersebut sudah dilakukan di perairan Pantai Seruni Bantaeng, Sabtu 26 Januari lalu.

"Uji coba dilakukan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah dengan mengemudikan sendiri kapal tersebut mengelilingi Pantai Seruni. Dengan kehadiran kapal ini, Bantaeng tak hanya memiliki ambulance yang mampu menjangkau pelosok desa, tetapi juga mampu memberi pertolongan di pantai," kata Nongpa.

Kehadiran kapal patroli perikanan ini tak hanya mengawasi pantai, tetapi juga menjaga kemungkinan terjadinya kecelakaan laut. Sebab, masyarakat Bantaeng banyak menggunakan pantai untuk usaha rumput laut.

Karena itu, ia berharap, fasilitas terbaru untuk membantu masyarakat ini dapat dijaga dan dipergunakan sebagaimana mestinya. BSB Bantaeng menyiapkan layanan telepon 113, yang bisa dihubungi masyarakat. Dengan menelepon ke nomor tersebut, BSB bisa langsung melacak titik koordinatnya. Saat didatangkan, Kapal patroli tersebut dikendarai dari Makassar, dan baru tiba dengan lama perjalanan 4 jam karena ombak yang cukup tinggi. Dalam kondisi normal, kapal ini bisa menjangkau Bantaeng dalam 2 jam perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar