Minggu, 27 Januari 2013

Menata Wisata Kuliner Melalui Relokasi

MAJENE,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene, berencana mengembangkan kawasan wisata andalan Pantai Barane di tahun 2013. Sedikitnya dibutuhkan anggaran sekira Rp2 miliar untuk mewujudkan rencana tersebut.
Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Majene, H Mithar Thala Ali SPd MPd menyebutkan, untuk memenuhi kesempurnaan rancangan kawasan wisata tersebut, dibutuhkan campur tangan investor.

Saat ini, pantai yang berlokasi di Lingkungan Barane, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur ini dikembangkan secara bertahap menggunakan dana APBD.

"Kami membuka kran bagi investor yang ingin berinvestasi di Majene. Tahun 2012 kemampuan anggaran hanya Rp500 juta, sehingga yang dapat dibangun hanya tanggul dan sarana lainnya. Untuk pengembangan 2013, kami usulkan sebesar Rp2 miliar," jelas Mithar, kemarin.

Anggaran tersebut menurutnya, akan digunakan untuk penambahan fasilitas dan sarana olah raga air di kawasan wisata tersebut. Sejak wisata ini difungsikan, kata Mithar, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan cukup menjanjikan. "Hasilnya telah melampaui target seribu kali lipat," ujar dia.

Ia menyebutkan, potensi masa depan Pantai Barane sudah dirasakan saat ini. Di seputar kawasan wisata kini telah dibangun rumah bernyanyi, dermaga, tanggul, puskesmas, kamar bilas, dan sejumlah fasilitas lainnya. Adapunlapangan futsal dan penginapan, dalam tahap pembangunan.

Keterbatasan anggaran untuk membangun kawasan wisata Pantai Barane juga dibenarkan Kepala Bidang Pengembangan Fispra, Bappeda Majene, Hamzah Djamaluddin. Menurutnya, pembangunan kawasan wisata tersebut membutuhkan investor.

Menurut Hamzah, Pemkab Majene akan merelokasi permukiman nelayan yang menjadi kawasan pengembangan wisata Barane. Pertimbangannya, lokasi penduduk rawan abrasi gelombang laut selat Makassar. Selain itu, kualitas bangunan rumah nelayan banyak yang tidak layak huni.

Beberapa fasilitas lainnya seperti infrastruktur jalan, sarana air bersih, MCK, penerangan, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya akan dibangun sesuai rancangan penataan kota.
"Pengembangan dan penataan wisata pantai Barane merupakan visi Pemkab Majene yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Majene, tahun 2012-2016," terang Hamzah.

Untuk membangun kawasan wisata Barane, kata dia, dibutuhkan sinergitas antara dinas terkait. Seperti Dinas PU, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perumahan Pemukiman dan Kebersihan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata serta sejumlah dinas lainnya.

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra selatan, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk EDI SUJITNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Nama dan nomor tes Alhamdulillah sayapun lulus tes tulisan dan tes wawancara, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.EDI SUJITNO SH,Msi Tlp:0823-18977712 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

    BalasHapus