Kamis, 24 Januari 2013

Tendean: Sulut Siap Hadapi Pasar Bebas ASEAN


MANADO, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut  Dr. Noudi R.P. Tendean, SIP. MSi, menegaskan, Sulut siap untuk menghadapi pasar bebas ASEAN tahun 2015 mendatang.

Menurutnya, persiapan Sulut menghadapi pasar bebas yang sudah didepan mata itu, sudah dimulai sejak beberapa tahun sebelumnya. Seperti contohnya untuk produk daerah, Sulut mampu mensejajarkan dengan daerah lainnya, dari segi kualitas, kuantitas dan kointiunitas.

Sedangkan untuk contoh Sumber Daya Manusia (SDM), Tendean menyatakan, Sulut juga sudah membuktikannya. Sebab, dari data Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) RI, Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulut, tertinggi dibanding provinsi lainnya di Indonesia di luar DKI.

“IPM Sulut mencapai 8 persen. Itu membuktikan Sulut juga terus mengalami kemajuan. Memang, dibandingkan dengan Jakarta Sulut kalah. Namun, Jakarta itu adalah Daerah Khusus Ibukota. Artinya, semua anggaran negara baik di bidang kesehatan, pendidikan, dan bantuan untuk rakyat miskin, Jakarta selalu yang dikhususkan atau diprioritaskan,” terangnya.

Kata dia lagi, untuk indikator bidang kesehatan dan kesejahteraan, Sulut dikatakan benar-benar siap. Buktinya, usia harapan Sulut menempati peringkat 3 di antara 33 provinsi, atau hanya kalah dari daerah yang diistimewakan (DI Jogjakarta 73,2 persen) dan daerah yang selalu dikhususkan (DKI Jakarta (73,1 persen).

“Untuk Sulut hanya 72,1 persen,” tandasnya.

Sementara soal tingkat kesejahteraan dari Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) atau pendapatan per kapita (per kepala), kata Tendean Sulut sangat baik karena dari kemampuan membeli masyarakat sangat tinggi.

“Itu juga karena UMP di Sulut mencapai Rp1.500.000. Jadi, kita bisa buktikan Sulut siap menghadapi pasar bebas 2015 nanti,” kata Tendean.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar