Minggu, 27 Januari 2013

Tahun Ini Bulog tidak Impor Beras

PALU, Pada tahun ini pemerintah tidak akan mengimpor beras, kecuali jika terjadi gangguan yang mengakibatkan petani mengalami gagal panen.

"Kami targetkan Bulog tahun ini tidak impor beras," kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Perum Bulog Abdul Karim di sela-sela kunjungan kerja selama dua hari di Palu, Sulawesi Tengah (sulteng), Jumat 18 Januari.

Ia berharap sepanjang 2013 produksi petani bagus sehingga target Bulog untuk tidak mengimpor beras dari luar terpenuhi. Secara nasional, Bulog kini memiliki stok dalam jumlah memadai, yaitu 2,3 juta ton, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama delapan bulan ke depan.

Sementara itu, rencana pengadaan beras pada musim panen tahun ini ditargetkan sebanyak 3,5 juta ton. "Kita semua berharap target pengadaan beras sebanyak itu bisa terealisasi sehingga pemerintah tak perlu lagi impor beras," ujarnya.

Guna mendukung target pembelian yang telah ditetapkan Bulog, Karim meminta kepada semua Kepala Divisi Regional (Divre) Bulog di daerah-daerah, termasuk Sulteng untuk gencar melakukan pembelian. Penetapan target pengadaan beras disesuaikan dengan luas areal sawah dan produksi petani di setiap daerah. "Mudah-mudahan hasil produksi petani pada musim panen 2013 lebih bagus dan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar Karim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar