Senin, 20 Mei 2013

Tangkal Penyakit Berbasis Lingkungan Perlu Dijaga

Maraknya penyakit berbasis lingkungan dewasa ini membuat jajaran HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan) merasa perlu melakukan hal-hal yang bisa melahirkan kondisi sehat lingkungan yang baik. Karena itu baik air, udara maupun darat perlu dijaga bersama guna menangkal lahirnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan di tengah masyarakat.

Hal itu ditegaskan Ketua Pengurus Pusat HAKLI, Dr H Wisnu Hidayat pada kesempatan melantik jajaran pengurus daerah HAKLI Sulsel, Sabtu (18/5/13) bertempat di auditorium Poltekkes Makassar, Jl Bendungan Bilibili, Tidung, Makassar. Pelantikan ini dihadiri Kadis Kesehatan Sulsel, Dr dr H Rachmat Latief sekaligus membuka seminar nasional pengembangan profesi dan kompetensi tenaga kesehatan lingkungan yang diikuti sekira 1.200 peserta dari kalangan mahasiswa Poltekkes jurusan kesehatan lingkungan, para pelaku-pelaku kesehatan lingkungan lainnya yang tersebar pada instansi negeri maupun swasta. 

Pelantikan yang juga diwarnai penandatangan MoU antara Poltekkes Makassar dengan JAFPA dalam rangka. Menurut Kadis Kesehatan Sulsel, Dr dr H Rachmat Latief pada kesempatan yang sama sesaat membuka resmi seminar tersebut, di Makassar terdapat 142 puskesmas dan 32 rumah sakit pemerintah. Namun sayangnya dari sekian jumlah sarana medis tersebut, tidak ada satupun yang fokus memerlukan tenaga kesehatan lingkungan padahal di satu sisi tenaga kesehatan lingkungan ini sangat dibutuhkan sinerginya dengan pihak rumah sakit atau puskesmas.

"Basic keahlian lingkungan beda dengan jurusan lain. Dan saya sangat support dengan adanya Poltekkes ini apalagi Poltekkes telah memikirkan pengembangan jenjang pendidikan bagi mahasiswanya ke depan. Dan memang jauh hari saya berharap ada sekolah khusus yang melahirkan peneliti-peneliti lingkungan yang handal. Saya kira dengan adanya ini maka kesehatan lingkungan pasti akan tercapai,'' terang kadis sembari mengapresiasi HAKLI Sulsel untuk menciptakan wadah dan ruang bagi para insan peneliti agar perannya ke masyarakat berkesinambungan. ''Saya sangat yakin oeang-orang yang ada di HAKLI ini adalah orang-orang yang profesional," tambah dia.

Terpisah, Ketua HAKLI Sulsel, H Muhammadong kepada media mengatakan, kepengurusan HAKLI yang didalamnya terdiri dari profesional kesehatan lingkungan ini akan menjalankan amanah tersebut guna mensinergikan peran mereka dalam menjalankan visi dan misi kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar